LAPORAN HASIL PENELITIAN PERKECAMBAHAN
KATA PENGANTAR
Alhamdulilah kami panjatkat kehadiaran Allah swt atas
rahmat, hidayah serta inayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini
dengan baru, adapun tujuan menyusun laporan ini yaitu untuk memenuhi salah satu
syarat untuk memperoleh nilai tugas.
Dalam menyusun laporan ini kami menyadari sesungguhnya
bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dengan kesempurnaan oleh karna itu
kritik dan saran yang bersifat membngun kami sangat harapkan demi kesempurnaan penulisan
laporan yang akan datang
Akhir kata kami ucapkan semoga laporan ini dapat
bermamfaat bagi orang yang membutuhkan.
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar belakang
Latar belakang di rangkainya laporan
hasil penelitian pertumbuhan perkecambahan, di dasari pada rasa ingin tahu
siswa kelas XII.A.1 khusus kelompok I terhadap proses bertambahnya ukuran
(tinggi/panjang, volume/besar dan berat) yang bersifat kuantitatif dan
ireversibel itu.
Dan penelitian antara kecambah yang
tumbuh ditempat gelap dan kecambah yang tumbuh ditempat terang karena factor
lingkungan yakni cahaya, suhu dan kelembaban tanah.
b.
Rumusan masalah
-
Apakah pengaruh cahaya terhadap
pertumbuhan perkecambahan pada tanaman perkecambahan terutama perbedaan antara
tanaman ditempat gelap dan tanaman yang ditanam ditempat terang.
-
Adakah dampak yang terjadi jika
tanaman kekurangan cahaya dan kelebihan cahaya.
c.
Tujuan penelitian
Agar para siswa khususnya kami siswa
kelas 3 IPA.1 lebih dapat m,emahami terhadap materi pertumbuhan dan
perkembangan dan juga dapat membudidayakan tanaman dengan baik dengan
pengetahuan yang lebih tentang pembudidayaan tanaman perkecambahan kacang
hijau.
d.
Manfaat penelitian
-
Kami dapat lebih memahami
materi yang bersangkutan
-
Menambah wawasan siswa tentang
pertumbuhan perkecambahan
-
Menambah wawasan keapda siswa
tentang cara membudidayakan tanaman dengan baik.
-
Siswa mampu berfikir secara
luas, tentang manfaat penelitian, maksudnya siswa tidak mangacu pada buku paket
saja tetapi siswa juga bisa praktek kelapangan secara langsung agar pola piker
bertambah dan semakin luas.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
a.
Kajian teori
Pada penelitian kami lakukan, kami
meyediakan 2 buah pot yang mesing-masing diisi tanah yaitu pot A dan pot B. pot
A ditaruh di tempat gelap dan pot B ditaruh ditempat terang. Disini kami dapat
melihat perbedaan pada tanaman yang ditanam ditempat gelap dan tanaman yang
ditanam ditempat terang.
Pada tempat terang pertumbuhannya
agak lambat dan berwarna hijau sedang pada tempat gelap pertumbuhan tanaman
sngat cepat tetapi tanaman berwarna pucat hal ini disebabkan oleh efek sinar
matahari. Pada tempat terang tanaman selalu mendapatkan sinar matahari sehingga
pertumbuhannya lambat karena sinar matahari merusak hormone auksin pada
perkecambahan, sehingga pertumbuhan tanaman ditempat yang gelap sangat cepat
pertumbuhannya namum dengan kondisi pucat, batang-batang kurus, daun-daun tidak
berkembang disebabkan karena perkecambahan tidak pernah mendapatkan sinar
matahari.
b.
Kajian dan hasil penelitian
Dari hasil kajian teori diatas dapat
diketahui bahwa pada tanaman yang ditanam ditempat terang dan tanaman yang
ditanam ditempat gelap mempunyai perbedaan yaitu : tanaman yang ditanam
ditempat gelap mempunyai pertumbuhan yang sangat cepat tetapi berwarna pucat
dantanaman yang ditaman ditempat terang mempunyai pertumbuhan yang lambat dan
daunnya berwarna hijau. Hal ini disebabkan karena pengaruh cahaya matahari.
c.
Rumusan hipotesis
Adanya perbedaan antara kecepatan pertumbuhan dan warna
tanaman yang ditanam ditempat gelap dan tanaman yang ditanam ditempat terang.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
a.
Rancangan penelitian
1.
menyiapkan alat dan bahan
2.
melakukan ekxperiman
3.
mengumpulkan data
4.
menyimpulkan data
5.
manarik kesimpulan
b.
Sasaran penelitian
Eksperimen yang dilakukan pada kacang hijau
c.
Instrument alat dan bahan
Alat dan bahan
1.
2 (dua) buah pot yang sudah
diisi tanah
2.
mistar dan alat tulis
3.
biji kacang hijau
4.
sprayer yang berisi air
d.
Prosedur pelaksanaan penelitian
1.
tanamlah biji kacang hijau pada
2 buah pot
2.
berilah lebel pada kedua pot,
masing-masing diberi tanda A dan B
3.
letakan pot “A” ditempat gelap,
dan pot “B” ditempat terang
4.
siramilah setiap hari selama 6
hari
5.
setelah 2 hari dan biji sudah
mulai membelah, ukurlah batang dari kedua pt tersebut
6.
tulislah hasil pengamatan
kalian dalam table
7.
hitung panjang rata-rata
tumbuhan setiap hari
8.
dihari keenam hitunglah
rata-ratanya.
e.
Rencana analisis data
-
membuat table pengmtan
-
melakukan pengukuran
-
mengumpulkan data
f.
Jadwal penelitian
-
Kegiatan dilaksanakan pada
tanggal 4 Agustus sampai dengan 12 agustus 2009
-
Pengukuran dilakukan pada
tanggal 5 Agustus 2009
BAB
IV
DATA
DAN PEMBAHSAN
a.
Uji hipotesis
1.
grafik pertumbuhan tanaman
ditempat gelap.
Pada
hari ke-
|
Panjang
pot “A”
|
2
|
1,5
cm
|
3
|
3,5
cm
|
4
|
6
cm
|
5
|
15
cm
|
6
|
20
cm
|
7
|
36
cm
|
Hasil penelitian tinggi tanaman selama 7 hari yang kami lakukan kami
sajikan dalam bentuk diagram dibawah ini.
Diagram 1. pertumbuhan kecambah pada pot pertama (1)
2.
grafik tanaman ditempat terang
Pada
hari ke-
|
Panjang
pot “B”
|
2
|
1
cm
|
3
|
2
cm
|
4
|
3
cm
|
5
|
6,5cm
|
6
|
8,5cm
|
7
|
12cm
|
Diagram 1. pertumbuhan kecambah pada pot kedua (2)
BAB V
PENUTUP
a.
Kesimpulan
-
pertumbuhan dan perkembangan
dapat dipengaruhi oleh factor dari dalam (internal) dan factor dari luar
(eksternal)
-
pertumbuhan dan perkembangan
pada tanaman biji diawali dengan perkecambahan. Pada embrio atau plamuto yang
tumbuh menjadi batang, dan radikula yang tumbuh menjadi akar.
b.
Saran
Kami sebagai penulis mohon maaf,
apabila penyusunan laporan ini tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena
kami menyadari bahwa ini masih dalam tahab belajar. Untuk itu kami mengharapkan
saran dan kritik yang sifatnya membangun untuk kesempurnaan penyusunan laporan
yang akan dating.
Daftar Pustaka
1.
sugiharto, bowo. 2007. biologi
untuk SMA/MA kelas XII, Surakarta .
Sindhunata.
2.
kusnadi, dkk. 2007. biologi
untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta .
Piranti darma kalokatama
3.
qodariyah, diah ayu dkk 2008.
LKS biologi untuk sisw sekolah menengah atas. Nganjuk. Tempren media grafika.
Komentar
Posting Komentar