FILSAFAT PENDIDIKAN KELEMAHAN SISWA DALAM PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SILAHUL ULUM

KATA PENGANTAR

“Tiada pekerjaan yang sulit kita lakukan sementara hati kita iklas untuk menjalankannya”. Puji syukur atas kehadirat tuhan yang maha esa, karena dengan seizinnyalah, kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini tentang filsafat pendidikan.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa tugas makalah ini masih banyak kesalahan dan kekeliruan, oleh karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun dari teman-teman dari kelompok lain sangat kami harapkan guna perbaikan makalah ini selanjutnya.

                                                                                               Wargeren,       Juni 2011
                                                                                               Penyusun


DAFTAR ISI

Halaman judul
Kata pengantar    …………………………………………………………………………………………………..        ii
Daftar isi     ……………………………………………………………………………………………………………       iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.   Latar belakang   ………………………………………………………………………………………        1
1.2.   Rumusan masalah   …………………………………………………………………………………        1
BAB II KELEMAHAN SISWA PADA PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SILAHUL ULUM
2.1. Tujuan didirikannya madrasah intidaiyah silahululum   …………………………..        2
2.2. Kelemahan siswa pada pendidikan madrasah ibtidaiyah silahul ulum  ……        2
2.3. Cara mengatasi kelemahan siswa pada madrasah ibtidaiyah silahul ulum        .  2
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan     ………………………………………………………………………………………….        3
3.2. Saran     ……………………………………………………………………………………………………        3
DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar belakang
Mengapa didirikan madrasah ibtidaiyah silahul ulum?
Karena kurangnya pemahaman masyarakat waegeren tentang pendidikan agama islam, maka dari itu salah satu tokoh masyarakat ingin mendirikan madrasah ibtidaiyah, agar masyarakat paham tantang pendidikan islam maka dari itu pendiri memberikan nama madrasah ibtidaiyah silahul ulum yang artinya “Perbaikan ilmu”

1.2.       Rumusan masalah
Adapun pokok dari pada permasalahan yaitu tentang kelamahan siswa pada madrasah ibtidaiyah silahululum yang dihadapi para guru saat ini.


BAB II
KELEMAHAN SISWA DALAM PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SILAHUL ULUM

2.1.    Tujuan pendidikan madrasah ibtidaiyah
Mula-mula madrasah lahir dari ketidakpuasan terhadap system pendidikan madrasah diniyah yang semata-mata menitik beratkan agama, dilain pihak system pendidikan umum justru ketika itu tidak menghiraukan agama (ibid), maka jelaslah, kehadiran madrasah dilator belakangi oleh keinginan untuk memberlakukan secara berimbang antara ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum dalam kegiatan pendidikan dikalangan umat islam.
2.2.    Kelemahan siswa dalam pendidikan madrasah ibtidaiyah.
a)             Kelemahan belajar siswa dalam pendidikan madrasah ibtidaiyah adalah suatu gangguan satu atau lebih dari proses psikologis dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa verbal atau tulisan. Gangguan tersebut mungkin menampakan diri dalam bentuk kesulitan mendengarkan, berfikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja dan berhitung.
b)             Batasan tersebut tidak mencakup anak-anak yang memiliki problema belajar yang penyebab utamanya berasal dari adanya hambatan dalam penglihatan, pendengaran atau motorik, gangguan emosional, kemiskinan, lingkungan budaya dan ekonomi.
2.3.    Cara mengatasi kelemahan siswa pada madrasah ibtidaiyah
Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan/kelemahan belajar siswa untuk mencapai ketuntasan belajarnya maka perlu adanya diagnosis. Sehubungan dalam hal tersebut sebuah diagnosis yang optimal membutuhkan beberapa hal ;
1.             System administrasi yang baik.
2.             Kejujuran dan kelapangan hati untuk menerima kenyataan tingkat prestasi siswa yang sebenarnya.
3.             Penilaian yang bukan sebenarnya tidak akan dapat menunjukan tingkat kesulitan atau tahap-tahap tertentu bagi siswa.
4.             Untuk menemukan ukuran yang menggunakan pendekatan yang berbeda dalam penilaian akan mencerminkan usaha dan prestasi siswa dengan adil, hal tersebut dmaksudkan untuk dapat memotifasi siswa.

BAB III
PENUTUP

3.1.    Kesimpulan
Setelah kita melaksanakan pengkajian terhadap tugas makalah tentang kelemahan siswa dalam madrasah ibtidaiyah silahul ulum yang diembankan oleh dosen matakuliah “Filsafat Pendidikan”. disini kita bisa menarik kesimpulan ;
a.             Mula-mula madrasah didirikan karena ketidak puasan terhadap system pendidikan madrasah diniyah.
b.             Kelemahan belajar itu mencakup gangguan diri dalam bentuk (mendengarkan, berfikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja dan berhitung)
c.              Cara mengatasi kelemahan siswa perlu adanya diagnosis atau cara pendekatan.

3.2.    Saran
Untuk mengatasi kelamahan siswa perlu adanya kerjasama antara guru dan orang tua murid, dan adanya pendekatan antara guru dan peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN HASIL PENGUJIAN LARUTAN DENGAN KERTAS LAKMUS

PROPOSAL PAMERAN KEBUDAYAAN

MAKALAH SISTEM REGULASI MANUSIA